21 January 2013

tips hemat baterai blacberry OS6 dan OS7

Banyak user BlackBerry OS6 dan OS7 mengeluh bahwa BlackBerry terbaru sangat boros baterai termasuk user BlackBerry Dakota, Bellagio, Monza dan Device lainnya yang running OS7.
BlackBerry Smartphones memang lumayan boros baterai karena fungsi yang banyak dengan multi tasking, push email dan push notifikasi dari Applications yang memberika notifikasi seperti app twitter, facebook dll..
RIM juga menyadar masalah ini dan telah posting tips cara hemat baterai di BlackBerry Blog. Kami sharing tips berikut disini:

Closing Apps and Games

RIM sarankan anda selalu tutup aplikasi dan games yang pernah dipakai dan masih running di background. Karena BlackBerry bisa digunakan untuk multi tasking, user. sering switching menggunakan aplikasi lainnya tanpa menutupi aplikasi sebelumnya. Jika anda menggunakan aplikasi lainnya, ingat “close” tutup aplikasi/games yang masih running untuk menghemat baterai, karena aplikasi/games yang running/berjalan dibackground akan memakan baterai.

Untuk melihat aplikasi apa yang masih running/berjalan di background, tekan dan hold tombol menu sampai tampil “App Switcher” yang menampilkan icon-icon app yang berjalan/aktif.
Pilih aplikasi yang anda tidak menggunakan lagi dan tekan “menu dan pilih close” untuk keluar/tutup aplikasi tersebut.
Anda bisa gunakan aplikasi BeAlert untuk menunjukan icon notifikasi berapa aplikasi masih aktif/running.

Turn off network connections you aren’t using

Matikan network connections yang tidak digunakan seperti wifi, bluetooth ataupun GSM!
Jika anda sering menggunakan wifi/bluetooth, Anda bisa hemat baterai dengan selalu perhatikan jenis network connection yang aktif dan matikan yang tidak digunakan lagi.
Network connection seperti wifi yang aktif, namum tidak di area wifi akan membuat Device anda “searching” mencari koneksi dan memakan baterai.
Bisa gunakan aplikasi Smartwifi untuk detect wifi network dan manage connection wifi secara otomatis

Use a Wi-Fi network connection in areas of low cell coverage

RIM juga sarankan anda matikan network GSM jika di daerah yang signal lemah seperti dibasement. Gunakanlah 2G daripada 3G atau matikan sama sekali. Atau gunakan wifi daripada GSM. Karena Device yang berusaha mencari signal akan memakan baterai.
Gunakan wifi daripada network operator jika anda melakukan banyak browsing internet.
Untuk melihat dan menganti network connections di BlackBerry smartphone, klik ikon anthenna/signal dan pilih “Manage Connections”. Anda bisa aktifkan atau matikan network connections yang tidak lagi digunakan.

Use a holster or pocket

Gunakan sarung/holster ORI BlackBerry atau sarung yang dilengkapi magnet yang gampang menghemat battery. Pada saat anda simpan BlackBerry smartphone ke dalam sarung/holster, layar BlackBerry akan dimatikan secara otomatis. Anda bisa beli sarung di BerryIndo Shop.
Anda bisa baca cara setting profile dan screen pada saat masukan BlackBerry Device di sarung/holster di user guide BlackBerry

Get a Charging Pod

RIM juga sarankan user membeli charging pod / desktop charger untuk selalu charge baterai BlackBerry anda waktu. Dirumah atau dikantor. Yang selalu dijalan, bisa menggunakan mobile car/vehicle charger.
Anda juga bisa menggunakan charger BlackBerry ORI lainnya untuk selalu charge BlackBerry Anda

Automatically turn your BlackBerry smartphone on and off

Setting untuk matikan dan hidupkan BlackBerry Smartphones anda secara otomatis.
Daripada BlackBerry anda tetap aktif/hidup dan menggunakan/boros baterai pada saat anda tidur dan tidak menggunakannya, anda bisa setting untuk BlackBerry Smartphones anda otomatis mati pada jam tidur dan hidup kembali dipagi hari.
Anda tidak usah kwatir mengenai data yang di kirim ke BlackBerry anda pada saat BlackBerry dalam keadaan mati, karena pada saat BlackBerry anda hidup kembali, data akan di terima BlackBerry Smartphones anda secara otomatis.
auto-on-off-blackberry

Cara Menggunakan Fitur: Auto On and Off BlackBerry

- Di home screen BlackBerry atau di folder, pilih icon “Options”
- Pilih “Device” dan Auto On/Off
- Di “Weekday”, pilih “Enabled” checkbox
- setting waktu/jam untuk matikan dan hidupkan kembali BlackBerry smartphone anda pada saat hari senin-jumat (weekdays)
- di “Weekend” pilih “Enabled” checkbox
- setting waktu/jam untuk matikan dan hidupkan kembali BlackBerry smartphone anda pada saat hari sabtu-minggu (weekends)
- tekan tombol Menu dan pilih “Save”

Review backlighting options

Salah satu cara gampang hemat baterai BlackBerry adalah untuk setting “backlighting” (keterangan layar/screen) di BlackBerry smartphone. Anda bisa ganti terang/brightness dan berapa lama backlight di screen nyala.
screen-display-blackberry

Cara Setting Backlight BlackBerry

- di home screen atau di folder, pilih ikon “Options”.
- pilih “Display” dan “Screen Display”
- lakukan setting brightness backlight
- setting berapa lama backlight tetap nyala pada saat anda tidak sentuh BlackBerry smartphone anda, ganti setting “Backlight Timeout”
- tekan tombol Menu dan pilih “Save”

Keep battery connections clean

Ini dia salah satu saran yang sering dilupakan. Ternyata anda juga bisa memperpanjang daya tahan battery dengan membersihkan baterai anda. Gunakan kain kering dan bersih dan bersihkan bagian besi/metal (tempat charging) di battery secara routine untuk menjaga daya tahan baterai.
Tips cara hemat baterai BlackBerry tersebut diberikan oleh BlackBerry Help, karena multi tasking dan banyaknya email yang masuk ke BlackBerry Anda, mungkin saja baterai Anda tidak cukup digunakan selama sehari, solusinya hanya ada menggunakan mobile charger BlackBerry atau baterai cadangan. Silakan pilih baterai ORI BlackBerry atau baterai alternatif dari KingMax buat BlackBerry device Anda

Tips Hemat Baterai BlackBerry Lainnya

Berikut juga tips tips cara hemat baterai BlackBerry yang telah diposting sebelumnya:
Kenapa Baterai BlackBerry Boros & Panas + Solusi
www.berryindo.com/kenapa-baterai-blackberry-boros-panas/
9 Cara Hemat Baterai BlackBerry
www.berryindo.com/hemat-batterai-blackberry
More BlackBerry Power Saving Tips by RIM
www.berryindo.com/blackberry-battery-power-saving-tips/
Cara Menjaga Baterai. BlackBerry Battery Charging Tips www.berryindo.com/blackberry-battery-charging-tips/
Indahnya Berbagi…
Silakan berbagi review / pengalaman anda / info lainnya dengan users lainnya di bawah. Juga di Forum www.berryindo.com/forum
New! Check out BerryIndo Official Shop! Special Promo setiap minggu! Get Official Applications, Battery and Accessories.
Beli Official (asli/resmi) dengan aman, jaminan & puas via Official BerryIndo Shop!


source :http://www.berryindo.com/tips-cara-hemat-baterai-blackberry-os7/

No comments:

Post a Comment